SMK Jurusan TKJ Terbaik di Pekalongan Informasi SMK wilayah Pekalongan Blog TKJ, Blogging, Desain Grafis & Web Desain

Perbedaan Window Manager dan Desktop Manager pada Linux


Bagi yang penasaran terhadap perbedaan antara Window Manager dan Desktop Manager (Desktop Environment) pada Linux, silakan baca artikelnya di bawah ini.

Apa itu Window Manager?

Window Manager adalah sebuah software untuk sistem operasi yang mengatur tata letak jendela program. Ada banyak Window Manager yang dapat dipakai pada Sistem Operasi Linux. Masing-masing memiliki cara kerja tersendiri.
Window Manager bisa dikatakan adalah tulang punggung (backboneDesktop Environment. Sebagai contoh : Ketika menginstal XFCE (salah satu Desktop Manager) kita akan mendapatkan sistem manajemen Window (Window Manager), disamping itu kita mendapatkan beberapa "bonus" yaitu file manager, panel, dan beberapa program pendukung.
Tidak semua orang menginginkan "bonus-bonus" tersebut. Pecinta Window Manager pada Linux biasanya lebih suka melengkapi sistem Linux dari berbagai aspek yang mereka sukai.
Ketika kita menginstall Window Manager (seperti: Fluxbox, Openbox, Awesome WM, dll) kita tidak akan mendapatkan beberapa "bonus-bonus" tersebut. Kita hanya akan mendapatkan Window Manager saja.



Pro dan kontra menggunakan Window Manager

Pro

  • Penggunaan memory/CPU yang lebih rendah dari kebanyakan desktop environments.
  • Dapat mengatur (mengkonfigurasi) sistem Linux sesuai dengan tingkat kenyamanan kita.
  • Lebih banyak hal yang dapat kita atur daripada menggunakan desktop environments
  • Window Manager biasanya berbasis keyboard, Pecinta keyboard tidak membutuhkan mouse untuk bekerja dengan sistem.

Kontra

  • Tidak ramah pengguna daripada desktop environments
  • Penampilan tidak semenarik desktop environment
  • Tidak ada program pendukung atau konfigurasi bawaan
  • Membutuhkan proses belajar yang lebih untuk dapat menguasainya

Apa itu Desktop Manager?

Desktop Manager bisa disebut juga dengan Desktop Environment. Desktop Environment adalah suatu kumpulan program yang terangkum bersama untuk menciptakan ruang kerja. Desktop Environment datang bersama dengan Window Manager, Panel, sebuah set program bawaan (seperti: text editor, pemutar music/video, dll.), File Manager, Terminal Emulator, dan banyak lainnya.
Masing-masing Desktop Manager yang tersedia pada Linux memiliki karakteristik berbeda-beda, hal ini disebabkan karena visi dari pengembangnya.
Pengguna Linux yang lebih suka menggunakan sistem Linux melalui Window Manager biasanya berfikir bahwaDesktop Manager lebih memberatkan kinerja sistem Linux.
Kebanyakan pengguna Linux lebih menyukai "bermain" Linux melalui Desktop Manager karena mereka nyaman dan menghargai fitur-fiturnya, visual efeknya, program bawaannya, dll.

Pro dan kontra menggunakan Desktop Manager

Pro

  • Setelah terinstal, kita mendapatkan pengalaman berkomputasi lengkap dengan hanya sedikit konfigurasi (pengaturan) yang diperlukan
  • Banyak tampilan-tampilan (theme) yang menarik untuk Desktop Manager
  • Aplikasi dibundel (dirangkum) berarti kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu menginstal hal-hal kecil (seperti editor teks, pemutar musik, pemirsa gambar, dll)
  • Biasanya sangat mudah dioperasikan (tidak membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya).

Kontra

  • Kadang-kadang dapat dianggap memperlambat sistem.
  • Program bawaan tidak selalu program yang ingin kita gunakan.
  • Kustomisasi kadang-kadang bukan hal yang diterima.

Kesimpulan

Ketika menggunakan komputer, setiap orang memiliki perbedaan selera. Beberapa orang lebih suka menggunakan Window Manager yang lainnya lebih suka menggunakan Desktop Environment. Lakukan saja apa yang menurut kita nyaman terhadap sistem Linux yang kita gunakan. Yang terpenting adalah aktivitas berkomputer kita tetap lancar saat menggunakan sistem Linux. Demikianlah perbedaan antara Window Manager dan Desktop Manager (Desktop Environment) pada Linux. Semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Sumber: https://www.maketecheasier.com/difference-between-windows-managers-desktop-environments/
Labels:

Post a Comment

  1. terimakasih atas infonya ya sukses selalu buat kita semua dan jangan lupa lihat link advannya ya dibawah ini
    Advan S5
    Advan S3a
    Advan S4e
    Advan S4m

    ReplyDelete
  2. Salam sukses ya, semoga kita bisa bekerja sama dengan baik. beritanya uptudate banget, untung saya sempat berkunjung jdi saya tidak ketinggalan informasi.. terus sukses ya... lihat harga samsung smartphone y dong di sini!
    Samsung Galaxy A8
    Samsung Galaxy A5
    Samsung Galaxy J1 Ace
    Samsung Galaxy J1

    ReplyDelete
  3. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering untuk membanca terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    ReplyDelete

[facebook][blogger][disqus]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.