SMK Jurusan TKJ Terbaik di Pekalongan Informasi SMK wilayah Pekalongan Blog TKJ, Blogging, Desain Grafis & Web Desain

Upacara Hari Pendidikan Nasional



Kedungwuni - Senin (2 / 5 / 2017) SMK 1 Kedungwuni mengadakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Utama SMK. Upacara dilakukan dengan hidmat yang diikuti oleh Seluruh siswa kelas X dan XI dan guru serta karyawan SMK.

Pembina Upacara Taufik, S.Pd menyampaikan pidato dari menteri pendidikan dan kebudayaan. Hardiknas tahun ini mengusung tema "Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas". Dengan mewujudkan pendidikan yang berkualitas dapat mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945.

Memperingati hardiknas tak lupa dengan sosok Ki Hajar Dewantoro yang tak lain adalah tokoh pendidikan yang dikenal dengan Bapak Pendidikan Nasional. Beliau telah merintis awal pendidikan nasional dengan gagasan dan pemikiran yaitu : 
  1. Panca Dharma : Pendidikan perlu beralaskan lima dasar yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan.
  2. Kon - 3 yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan asas kontinuitas, konvergensi, dan konsentris
  3. Tri-pusat pendidikan bahwa pendidikan hendaknya berlangsung ditiga lingkungan, yang kita kenal dengan nama tripusat yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang saling berhubungan simbiotisdan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Dalam kepemimpinan pendidikan ki hajar dewantara mengajukan konsep "Laku Telu" atau tiga peran yang dirumuskan dalam bahasa jawa " Ing ngarso sung tuladha, Ing madya mangun karsa, tut wuri handayani" artinya di depan memeri teladan, di tengah memberi ilham dan di belakang memberi dorongan.
Gagasan dan prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara menjadi dasar acuan visi Presiden Jokowi dimana masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh peserta didik saat ini. Peserta didik harus mampu membekali diri dengan ketrampilan dan keahlian yang berdaya kompetesi tinggi. Dengan didukung oleh sumber-sumber belajar di lingkungan sekolah maupun di luar sehingga proses pembelajaran lebih terbuka, luwes dan leluasa.
Reformasi Pendidikan ditandai dengan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN). PPK dan GLN diharapkan menjadi pintu masuk dan kunci utama bergeraknya reformasi berbagai sektor pendidikan dan kebudayaan di lingkungan pemerintah daerah dan satuan pendidikan bahkan di lingkungan masyarakat.
Pada hari pendidikan marilah kita singsikan lengan baju untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi anak cucu kita. semoga Tuhan seru sekalian alam meridhai dan menguatkan tekad dan langkah kita.
Akhirnya kita "Cancut Taliwondo" demi segera terwujud pendidikan yang berkualitas yang merata di seluruh Indonesia.
Tulisan di atas adalah sepenggal pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Labels: ,

Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.